Minggu, 14 Juli 2019

Manusia Sebagai Kholifah Di Bumi (Surah Al-Baqarah Ayat 30)

Manusia Sebagai Kholifah Di Bumi - Manusia diberikan kehidupan dimuka bumi oleh Allah SWT. bukan sekedar melakukan kehidupan semata, melainkan manusia diciptakan oleh Allah SWT. untuk mencari jalan kembali kepada-Nya. Dalam konteks ini manusia diwajibkan berbuat kebaikan terhadap sesama makhluk Allah. menjadi pemimpin dimuka bumi dan menjaganya dari kerusakan. 
Seperti yang telah tertulis dalam Al-Qur,an Surah Al-Baqarah ayat 30: 

https://www.paketumrohkhazzanah.com adalah penyedia layanan dalam bentuk marketplace online maupun marketing langsung yang bergerak di bidang jasa pendamping perjalanan umroh dan haji plus terpercaya di Indonesia.
Travel Umroh Terbaik
 

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً. قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ. قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Yang artinya: "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, sesungguhnya Aku hendak menjadikan satu khalifah di muka bumi. Mereka (malaikat) berkata, apakah Engkau hendak menjadikan di bumi itu siapa yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan menyucikan-Mu? Tuhan berfirman, sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Baca Juga : Biaya Umroh Murah

Dalam Al-Baqarah ayat 30 tersebut allah menceritakan bahwa Allah menjadikan manusia sebagai seorang khalifah di muka bumi ini, tetapi kemudian para malaikat yang selalu tunduk dan taat kepada Allah bertanya kepada Allah, " Mengapa Engkau hendak menjadikan manusia itu sebagai khalifah, sementara mereka selalu berperang dan menumpahkan darah?". Sungguh hanya Allah yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Kita tentunya sangat tahu bahwa makhluk dimuka bumi ini tidak hanya ada manusia saja, namun juga masih banyak terdapat makhluk Allah yang lain. Manusia dimuka bumi diberikan kelebihan oleh Allah. yaitu kemampuan berfikirnya yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. Manusia juga memiliki akal yang berfungsi membedakan mana yang salah dan mana yang benar. Hal tersebut yang menjadikan manusia harus mempertanggung jawabkan semua perbuatannya selama melakukan kehidupan didunia.

Masih banyak hal lagi kelebihan yang dimiliki oleh manusia misalnya, manusia diberi otak untuk mengatur dan mengolah sumber daya alam yang ada, menciptakan sumberdaya, mengembangkan ilmu pengetahuan, melakukan penelitian dan menciptakan hal- hal yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari - hari. Namun manusia juga bisa melakukan kerusakan dimuka bumi dengan kemampuan berfikirnya, manusia akan mengambil kekayaan alam yang berlebihan sehingga akan mengakibatkan rusaknya alam tersebut. Disinilah peran manusa sebagai Khalifah yang sebenarnya, yaitu menjaga bumi dari kerusakan dan kehancuran.

Isi Kandungan Surah AL - BAQARAH Ayat 30

1. Allah menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi ini.
2. Allah adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.
3. Malaikan bertanya kepada Allah mengapa Allah menjadikan manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini, padahal manusia adalah makhluk yang sering menumpahkan darah dan membuat kerusakan.
4. Malaikan adalah ciptaan Allah yang senantiasa bertasbih dengan memuliakan dan mensucikan Allah.
5. Allah lah yang mengatur semua urusan di muka bumi ini, termasuk manusianya. Dan setiap manusia adalah khalifah. 



Kunjungi Biro Umroh Terpercaya di www.paketumrohkhazzanah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Biaya umroh Murah Bandung

Terpopuler